Rabu, 09 Januari 2019

Es Dawet Lumayan

 UNIKNYA KULINER KHAS INDONESIA
ES DAWET “LUMAYAN”





Add caption

Sukoharjo - Es Dawet merupakan minuman khas Jawa yang terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasanya yang segar dan lengit membuat sering kangen untuk kembali meminumnya dan sangat cocok untuk dinikmati saat musim panas, berkumpul bersama keluarga atau teman - teman. Dawet adalah minuman khas dari kota Banjarnegara. Seiring perkembangan zaman, Es dawet menyebar ke seluruh kota mulai dari Kota Semarang, Solo, Jakarta, Bandung, dan kota lainnya.

Berbeda dengan es cendol, Es cendol berasal dari Sunda yaitu Bandung, sedangkan Es dawet berasal dari Tanah Jawa yaitu Banjarnegara dan mempunyai citrarasa tersendiri,dari ramuan – ramuan khusus yang dikombinasikan sehingga membuat siapa saja yang mencobanya pasti ketagihan. Perbedaannya adalah pada bahan dasar es cendol dulunya terbuat dari tepung hunkwe, Sedangkan bahan dasar es dawet dulunya terbuat dari tepung beras ataupun tepung beras ketan.Wangi daun suji dan hijaunya alami sangat menyegarkan. Juruh dawet, kadang saat musimnya ditambah nangka atau durian, kedua buah ini menambah kelezatan dan aroma dawet.

Dawet ini berwarna hijau karena saat membuat airnya menggunakan air perasan daun pandan dan suji. Minuman yang terdiri dari santan, air gula jawa atau juruh dan isi dawet yang terbuat dari tepung beras dan sedikit tepung pohon aren atau disebut tepung gelang.
Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah es dawet “lumayan” ini, anda bisa menemukan minuman ini di pasar Sukoharjo  seperti di pasar Ir.soekarno yang di jual oleh bapak Harno Marimin yang sudah berjualan sejak 20 tahun lebih, alasan Bapak Harno Marimin ini berjualan es dawet untuk perekonomian sehari-harinya dan berjualan dari pukul 09:00 WIB sampai 15:00 WIB.”Perasaan saya berjualan es dawet sampai saat ini enak enak saja namanya orang usaha”kata Bapak Harno Harimin. Untuk satu gelasnya dibandrol seharga Rp 4.000,00.





“lezat,rasanya manis,gurih,agak legit, serta menyegarkan dan sangat cocok diminum pada saat cuaca panas dan harganya tergolong murah” kata seorang pembeli bernama Siti Rokhimah.
Es dawet cincau merupakan minuman tradisional khas jawa barat. minuman ini biasanya disajikan dalam gelas. Dawetnya berwarna merah, cendol dan juga cincau yang terbuat dari bahan asli yaitu daun suji.
Es dawet cincau ini dikonsumsi dengan kuah santan, air gula, cincau, cendol dan memakai es batu sehingga menjadi lebih segar. Untuk satu gelasnya dibandrol seharga Rp 4.000,00.
Salah satu kuliner yang wajib dicoba adalah es dawet khas jawa barat, anda bisa menemukan minuman ini di pasar Sukoharjo  seperti di pasar Ir.soekarno yang di jual oleh bapak agus.

6 komentar: