Rabu, 09 Januari 2019

Gendar Pecel Kuliner Khas Jawa Tengah

Gendar Pecel, Kuliner Khas Jawa Tengah Yang Hampir Punah






SUKOHARJO.
Gendar Pecel adalah makanan tradisional murah meriah yang cukup populer di Sukoharjo,wonogiri, dan Solo. Seperti halnya Jenang Pecel, Gendar Pecel juga merupakan salah satu bentuk inovasi olahan pecel sayuran. Aneka sayuran berbalut bumbu kacang disajikan bersama gendar, olahan nasi semacam lontong tetapi dengan tekstur yang jauh lebih kenyal dan rasa gurih. Sayuran dalam Gendar Pecel bisa bervariasi, tergantung selera dan ketersediaan. Yang sering digunakan antara lain :kecambah, kenikir, kecipir, bunga turi, kol, bayam, dan daun adas. Gendar Pecel biasanya dijajakan di pasar-pasar tradisional maupun keliling perkampungan.

D Sukoharjo Gendar Pecel masih bisa dijumpai dipasar tradisional. Tempat ini sangat populer dengan pecel , disajikan dalam pincuk daun pisang. Gendar Pecel di Sukoharjo juga mempunyai ciri khasnya sendiri, yakni diberi tambahan bongko. Bongko terbuat dari bahan dasar kacang tolo dan kelapa parut. Bahan-bahan tersebut dibumbui, dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang, kemudian dikukus. Kehadiran bongko dalam Gendar Pecel memberi rasa gurih ketika disantap.Tetapi  penjual gendar  pecel ini buka hanya dari jam 6 pagi hingga jam 10 pagi.
Sayangnya penjual Gendar Pecel kini mulai sulit dijumpai. Di pasar-pasar tradisional mungkin hanya terdapat satu-dua penjual Gendar Pecel saja. Warung-warung makan agaknya kurang berminat menjadikan kuliner ndeso ini sebagai menu utama, barangkali karena pembuatan gendar yang memang agak merepotkan.

5 komentar: